-->

Type something and hit enter

On


Telah dibahas sebelumnya tentang pengertian tekanan secara umum dan berlaku pada zat padat. Dimana dapat dilihat disini. Secara umum tekanan yang berlaku pada zat cair juga tetaplah sama, namun tetap terdapat perbedaan dalam memahminya. Apabila ditelaah secara bahasa maksud dari tekanan hidrostatis yaitu tekanan yang dialami oleh objek yang berada di dalam fluida (zat cair dan termasuk zat gas) yang diam. Jadi pendekatan rumus tekanan hidrostatis hanya berlaku pada fluida yang diam, dan tidak berlaku pada zat cair yang mengalir.

                Kita lihat kembali dulu rumus tekanan yang berlaku pada zat padat :
Berdasarkan rumus tersebut jelas terlihat tekanan merupakan hasil bagi gaya dengan luas penampang tempat gaya bekerja. Coba perhatikan gambar pembuka diatas, anggaplah itu sebuah wadah berbentuk balok berisi air yang berwarna biru. Misalkan diketahui massa jenis dari zat cair tersebut yaitu ρ , dan dari gambar diketahui panjang p , lebar l dan tinggi h. Tentukan tekanan yang dialami oleh dasar wadah akibat dari zat cair yang ditampungnya. Berdasarkan rumus tekanan diatas maka akan diperoleh :


Keterangan :
p = tekanan (Pascal atau N/m2)
F = gaya (N)
A = luas (m2)
m = massa (kg)
ρ = massa jenis (kg/m2)
h = tinggi atau kedalaman zat cair (m)
g = percepatan gravitasi bumi (m/s2)
             
   Itulah penurunan rumus tekanan hidrostatis yang diturunkan dari persamaan dasar tekanan. Jadi pada dasarnya keduanya bukanlah hal yang berbeda. Jadi dapat dilihat bahwa gaya yang dialami oleh dasar adalah gaya berat zat cair yang berada di atas nya sehingga F berubah menjadi (m . g) . kemudian cara mengukur massa sendiri berasal massa jenis kali Volume (ρ x V). Lalu dari volume ini lah yang kemudian berasal dari panjang x lebar x kedalaman , dengan panjang x lebar merupakan Luas penampang dasar wadah sehingga saling meniadakan dengan rumus awal.
                Inilah bentuk penurunan rumus tekanan hidrostatis, semoga dapat membantu !

Contoh soal :
Tentukan besar tekanan yang dialami seekor ikan yang berada dalam akuarium seperti gambar dibawah ini ?


Jawab :
Diketahui :
ρ = 1000 kg/m2
g = 10 m/s2
h = 14 – 4 = 10 cm = 0,1 m
p = …… ?
Penyelesaian
p = ρ . g . h
p = 1000 x 10 x 0.1
p = 1000 Pascal
Jadi besar tekanan yang dialami oleh ikan tersebut yaitu 1000 Pascal

Catatan :

Perhatikan nilai h yang didapat dari gambar. Perlu diingat bahwa h diatas merupakan kedalaman, jadi diukur dari permukaan zat cair ke objek. Bukan diukur dari dasar wadah. Dan ingat kembali konsep tekanan hidrostatis bahwa yang memberikan gaya tekan yaitu berat zat cair yang berada di atasnya.