-->

Type something and hit enter

On

Berapa kecepatan rotasi bumi ? Mengapa kita tak merasakan perputarannya? Benarkah memang bumi berputar seperti yang telah diajarkan di pelajaran sains? Pertanyaan semacam ini kembali memuncak setelah booming nya perdebatan di dunia maya terhadap bentuk bumi ini. Apakah berbentuk  seperti bola atau berbentuk datar.

Sudah banyak artikel yang membahas tentang kecepatan rotasi bumi. Dan hasil yang diketahui yah sangat luar biasa cepat.  Betulkah kecepatan bumi berputar sebegitu cepatnya? Sehingga jika demikian pastilah air lautnya akan terpental keluar . Hal ini menjadi pemikiran pendukung Bumi datar yang sulit mereka terima dengan akal sehat. Dan pertanyaan seperti ini tentu adalah hal biasa dalam ilmu pengetahuan.

Baiklah mari kita bahas perputaran bumi tercinta kita ini, tentunya dengan mengacu dengan bentuk bumi bola. Karena yang berpendapat bumi bola yang mengatakan bumi ini berputar pada porosnya.  Sehingga data-data yang digunakan dalam perhitungan selanjutnya adalah data-data yang diperoleh perhitungan bumi bola. Oh ya sedikit tambahan, bahwa bentuk bumi tidaklah berbentuk bola sempurna tetapi agak elips. Tetapi tetapi diambil pendekatan bahwa bentuknya bola.

Berikut data-data yang diambil dari pengukuran dan perhitungan orang-orang terdahulu
Jari-jari bumi pada ekuator = 6.378,4 km
Jari-jari bumi pada kutub = 6.356,9 km
Keliling bumi pada ekuator = 40.077 km
Waktu bumi berputar pada porosnya yaitu kurang lebih 24 jam

Jadi sekarang kita menghitung berapa kecepatan bumi, dalam hal ini kecepatan yang dirasa makhluk hidup di permukaan bumi. Dengan menggunakan rumus matematika sederhana saja.
Kecepatan bumi= keliling bumi/waktu periode putaran bumi
Kecepatan bumi = 40.077 km / 24 jam = 1669,875 km/jam

Wow !!! ternyata bumi kita ini berputar dengan sangat cepat. (1) Terus mengapa kita tak merasakan perputaranya jika demikian? (2) Terus jika kita melompat,mengapa tempat kita melompat tak berpindah dari posisi melompat dan mendarat?  Hal ini menjadi salah satu pertanyaan besar bagi kita. Dan sudah seharusnya kita harus mencari tahu jawabannya.

Kita akan mencoba mendiskusikan kedua pertanyaan tersebut. banyak orang bertanya, jika kecepatan putaran bumi sangat cepat seperti itu, mengapa air di lautan tidak terlempar ke ruang angkasa. Jawabanya karena adanya gaya tarik bumi, tapi cukup kah gaya tarik bumi itu untuk menahan air tersebut. Yang kemudian jika kita menganalogikan bumi ini dengan sebuah bola tenis misalnya. Kemudian dibasahi dengan air sampai basah. Lalu diputar dengan keras sesuai kecepatan bumi tadi, apakah airnya tidak terlempar? Bukan kah tetap ada gaya gravitasi dari bola tersebut, tapi airnya tetap terlempar.

Jika melihat dari ukurannya yang besar, sebenarnya kecepatan perputaran bumi itu tidaklah terlalu cepat.  Baiklah mari kita hitunglah berapa kecepatan bumi ini. Dan tentu juga berapa kecepatan bumi berputar seandainya bumi hanya seukuran bola tenis.

Kecepatan yang tehitung diatas tadi adalah kecepatan linear bumi yang dirasakan oleh manusia dipermukaan.  Pertama mari kita coba hitung kecepatan sudut dari bumi ini. Dengan persamaan matematis sederhana (yang tentu sudah teruji kebenaranya karena dipake dalam prinsip teknologi modern yang ada sekarang, khususnya yang berhubangan dengan roda, gir dan sebagainya yang berputar)
v = r . ω
ω = v / r
keterangan :
v = kecepatan linear (km/jam)
r = jari – jari (km)
ω = kecepatan sudut (rad/jam)

ω = 1669,875(km/jam)  / 6.378,4 km
ω = 0.2618 rad/ jam

Dimana 1 radian = 57.32 0 , jika dikonvesi kedalam satuan derajat yang lebih umum dikenal dalam sudut maka :
ω = 0.2618 rad/ jam x (360 O / 2 π rad)
ω =15 O   / jam

Jadi kecepatan sudut bumi yaitu hanya sekitar  15 O   / jam, atau dengan kata lain masih sangat lambat. Oke baiklah mari kita lihat berapa kecepatan bola tenis yang pas jika dianalogikan sebagai bumi, kita anggap saja kira-kira jari-jari bola tenis yaitu 10 cm = 0.1 m (ini hanya kira-kira) lalu kita pake kembali rumus hubungan kecepatan linear dan kecepatan sudut diatas tadi.
v = r . ω
v = (0.1 m) (0.2618 rad/ jam)
v = 0.02618 m / jam = 2.61 cm/jam

Bayangkan sangat lambat bukan, jika seandainya ukuran bumi Cuma seukuran bola tenis.jadi tentu saja air yang menempel pada bola tenis tidak akan terciprat keluar. Dan tentu saja gaya gravitasi bumi ini kuat sehingga tetap mampu mempertahankan air  lautannya.  Tentu saja kita tidak merasakan pergerakan itu. Oh ya barangkali kalau anda pernah naik bis atau pesawat, ketika kecepatannya stabil, tentu kita sudah tidak merasa pergerakanya, tapi tetap kalau goncangannya. Hal ini juga berlaku bagi bumi karena kecepatannya stabil, tentu kita tak akan merasakannya.  Jadi jawaban pertanyaan pertama terjawab.

Sekarang marilah kita menjawab pertanyaan kedua.  (2) Terus jika kita melompat,mengapa tempat kita melompat tak berpindah dari posisi melompat dan mendarat?  Atau sama saja juga dengan pernyataan berikut, pesawat tidak perlu melaju jika ingin berpindah tempat.  Cukup naik ke angkasa saja lalu diam, maka bumi akan berputar dengan sendirinya. Tentu hal ini tak dapat terjadi, karena bumi ini berputar bersama dengan atmosfirnya. Atau dapat dibuktikan dengan percobaan sederhana seperti ini. Naiklah diatas bus yang bergerak (kendaraan yang bergerak lain juga boleh kayak pesawat), dan pastikan sistemnya terisolasi (dengan artian tidak ada angin dari luar yang masuk), lempar lah bola tenis (atau benda lain) keatas.  Apakah bola tenis tadi tertinggal di belakang atau tetap jatuh dalam genggaman Anda ! Jawabannya pasti bola tadi tetap jatuh dalam genggaman. Artinya bola tadi tetap bergerak bersama bus walau berada di udaranya. Jadi begitupun dengan pesawat yang terbang pasti tetap mengikuti pergerakan bumi.


Cukup sekian dulu pembahasan mengenai pembahasan tentang rotasi bumi. Semoga bermanfaat dan mohon koreksinya.