-->

Type something and hit enter

On

Blaise Pascal



Hukum Pascal merupakan salah satu hukum dalam menjelaskan fenomena fluida statis. Hukum ini dijelaskan oleh Blaise Pascal (1623 – 1662) seorang ilmuwan fisika yang berasal dari perancis.  Sebelum memasuki hukum pascal terlebih dahulu mengingat kembali rumus tekanan  yaitu









Keterangan :
P = tekanan (Pascal)
F = gaya (Newton)
A = luas penampang (m2)

Adapun bunyi Hukum Pascal yaitu :
“Tekanan yang diberikan pada sebuah zat cair yang berada dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar”
Maksud dari pernyataan tersebut bahwa apabila fluida atau zat dalam ruang tertutup, diberikan tekanan pada satu bagiannya, maka setiap bagian dalam fluida tersebut akan merasakan tekanan yang sama termasuk ke dinding penampangnya.  Pengaplikasian  dari hukum Pascal seringkali digunakan pada dongkrak hidrolik.






Tekanan pada ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah sama besar sehingga tekanan pada penampang satu akan sama dengan tekanan pada penampang dua. Dapat dilihat pada gambar diatas, bahwa luas penampang satu lebih kecil dibanding luas penampang dua. Apabila penampang satu diberi gaya sebesar F1 maka akan mampu memberikan gaya sebesar F2 penampang dua dengan turunan rumus sebagai berikut :



Jika luas penampang satu jauh lebih kecil dari luas penampang dua, maka jika diberikan gaya pada penampang satu maka menghasilkan atau dapat mengangkat gaya yang berat pada penampang dua.