-->

Type something and hit enter

On
Joseph Black (1728 - 1799)
Pada termodinamika yang membahas tentang suhu dan kalor serta semua yang berhubungan dengannya. Terdapat konsep yang telah direnungkan dan dirumuskan oleh para ilmuwan terdahulu sehingga menghasilkan literasi sains yang diterapkan dalam teknologi saat ini dinikmati. Pada pembahasan kali ini akan coba dibahas prinsip sederhana tentang prinsip kekekalan dalam perpindahan kalor.

Sudah diketahui sebelumnya bahwa kalor akan berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah. Jadi apabila dua buah benda didekatkan maka akan terjadi perpindahan kalor dari benda yang bersuhu tinggi ke bersuhu rendah hingga keduanya mencapai kesetimbangan termal (suhunya menjadi sama). Nah inilah yang kemudian dirumuskan oleh Joseph Black menjadi sebuah azas yang dikenal dengan istilah Azas Black. Joseph Black merupakan seorang ilmuwan Skotlandia yang merupakan seorang profesor kedokteran yang juga mendalami kimia dan fisika.

Azas Black berbunyi bahwa “ Apabila dua buah benda didekatkan maka benda bersuhu tinggi melepas kalor dan yang bersuhu rendah akan menerima kalor, dimana besar kalor yang dilepas akan sama dengan besar kalor yang diterima”


Secara matemtis rumus azas Black dapat dituliskan sebagai berikut : 





Keterangan        :
Q  = Jumlah kalor (Joule)
m = massa benda (kg)
c = kalor jenis benda ( Joule/kg.C )
T = suhu benda (Celcius)
TC = Suhu Campuran/ suhu akhir (Celcius)

Itulah rumus matematis dan bunyi azas yang telah dikemukan oleh  Joseph Black. Semoga bermanfaat.