-->

Type something and hit enter

On

Apabila kita berkunjung  ke tukang cukur maka biasanya kita mendapati cermin di pasang di depan dan bagian belakang tempat duduk kita saat di cukur. Tentu teman-teman sudah mengetahui tujuan mengapa cermin ditempatkan pada tempat tersebut. Yah tentu saja supaya pelanggan dapat melihat rambutnya yang dicukur baik yang di depan maupun bagian belakang kepala kita. Oh yah pernah kah teman-teman menghitung jumlah bayangan yang dibentuk oleh gabungan cermin di belakang dan di depan teman-teman saat mencukur? Jika pernah tentu teman-teman akan kewalahan menghitungnya karena jumlahnya yang tak terbatas.


Ternyata apabila dua buah cermin datar digabungkan dan membentuk sudut maka akan menghasilkan jumlah bayangan tertentu. Coba perhatikan gambar yang dibentuk oleh skema dari dua buah cermin yang disusun membentuk sudut 90 derajat. Dari diagram tersebut dapat dilihat bahwa benda P akan membentuk tiga bayangan lainnya dalam cermin.

Apabila besar sudut apit antara dua cermin datar tersebut diubah-ubah maka akan diperoleh jumlah bayangan yang dibentuk pula. Berikut ini rumus empiris yang digunakan untuk menentukan jumlah bayangan yang dibentuk


Keterangan
n = jumlah bayangan
a = besar sudut

             Coba perhatikan apabila menggunakan rumus tersebut untuk menentukan jumlah bayangan pada cermin yang membentuk sudut 90 derajat maka akan diperoleh n = 3 , yang berarti sesuai dengan contoh skema dia  tas. Selanjutnya apabila digunakan pada kasus di tempat cukur tadi, maka sudut yang dibentuk yaitu a = 0 derajat.  Maka n = 360/0 – 1 = tak terhingga. Lalu bagaimana jika kita menggunakan rumus tersebut pada dua cermin datar yang dipasang berdampingan ( sudutnya 180 derajat) tentu hal ini sama modelnya dengan satu cermin . Maka bayangan yang dibentuk yaitu 1 sesuai dengan percobaan yang dapat dilakukan sendiri.