-->

Type something and hit enter

On
Walaupun termasuk anime lama (rilis tahun 2011) tapi saya baru menontonnya di tahun 2016 ini. Sebagai penggemar anime yang tidak fanatik, saya cuma menonton anime yang di rekomendasikan oleh teman yang sudah menonton sebelumnya. Yah kali ini saya menonton sebuah anime bergenre mystery, drama, romance yaitu GOSICK.  Dalam anime ini banyak mengangkat kasus-kasus pembunuhan yang harus dipecahkan oleh tokoh utamanya, yah harus bermain-main detektiflah. Anime satu ini diangkat dari sebuah novel yang ditulis oleh Kazuki Sakuraba.

Berikut ini sinopsis singakatnya, mengambil latar tempat sebuah Negara fiktif yang benama Kerajaan Saubure yang terletak diantara Perancis , Italia dan Swiss. Sedangkan plot waktunya terjadi pada tahun 1924 M setelah Perang Dunia I dan sebelum terjadinya Perang Dunia II. Di Negara ini terdapat sebuah sekolah bernama St. Margueritta Academy yang berada pada ketinggian pegunungan Alpen. Uniknya di sekolah ini dan  Saubure pada umumnya orang-orang sangat menyukai cerita-cerita hantu dan legenda horor sehingga banyak sekali mitos yang berkembang.

Pemeran utamanya yaitu Victorique de Blois (baca : Victorika) dan Kazuya Kujo. Kazuya Kujo merupakan seorang siswa yang berasal dari Jepang dan satu-satunya orang Asia di sekolah itu. Karena memiliki rambut hitam gelap dan mata hitam, ia dijuluki sebagai The Dark Reaper,  malaikat maut yang melegenda di Saubure oleh teman-temannya. Sehingga di awal cerita dia kesulitan untuk berbaur dengan teman-temannya. Oleh gurunya Cecilia, disarankan untuk menambah wawasan soal hantu di buku perpustakaan agar dapat disukai oleh teman-temannya. Di perpustakaan inilah dia bertemu dengan Victorique, seorang gadis berambut panjang berwarna kuning keemasan yang selalu berada pada kebun botani yang terletak di puncak perpustakaan yang kemudian mendapat julukan peri emas penunggu perpustakaan. Victorique ternyata juga merupakan murid di St. Margueritta Academy tapi tidak pernah masuk kelas, dan memilih untuk menghabiskan waktunya membaca seluruh buku di perpustakaan. Dia memang terbiasa dengan kesendirian sejak kecil dan tidak memiliki teman untuk bergaul.

Victorique memiliki saudara tiri bernama Grevil de Blois yang seorang inspektur polisi. Walaupun seorang inspektur, dia selalu meminta bantuan victorique untuk memecahkan kasus-kasus sulit. Selanjutnya  kemudian Kazuya Kujo dan Victorique banyak mengalami petualangan seru memecahkan kasus-kasus pembunuhan di sekitarnya. Uniknya kasus-kasus yang terjadi banyak melibatkan legenda-legenda dan cerita hantu yang tersebar di masyarakat sehingga terkesan sedikit horror tapi belakangan selalu dapat dijelaskan secara ilmiah oleh Victorique.

Petualangan mereka memunculkan kisah romansa diantara keduanya, walau tidak disadari oleh mereka. Dan juga satu karakter lagi Avril Beadley , yang menyebabkan adanya kisah cinta segitiga dalam anime ini.  Ada banyak hal-hal yang mewarnai kisah cinta mereka dengan berbagai ujian.

Permainan detektif dalam film ini tidak berlarut-larut seperti pada kisah-kisah detektif lainnya yang banyak sekali embel-embel kisah tambahannya. Tapi saya sendiri masih berharap agar anime ini terus berlanjut untuk memecahkan kasus-kasus baru. Semua kasus yang dipecahkan berhubungan dengan jalan cerita tentang kehidupan Victorique. Oh iya victorique memilliki ibu yang bernama Cordelia Gallo, yang juga memiliki peran penting dalam cerita dan ayahnya yang bernama Marquis Albert de Blois sang politikus di Saubure.

Film ini sangat komplekslah, ada unsur politiknya yang mana kental dengan kondisi perpolitikan dunia di era Perang Dunia pertama dan kedua. Unsur kasih sayang keluarganya juga kental dimana ibu dan anak dipisahkan. Kisah percintaan Victorique dan Kujo yang sama-sama tak pernah diungkapkan  juga banyak mengalami hambatan.

Sikap Victorique menjadi daya tarik tersendiri dalam anime ini yang mana sangat cerdas dan menjadi penghuni perpustakaan.  Walau cerdas masih tetap memiliki sisi feminisme sebagai seorang anak perempuan yang manja dan menyukai makanan manis. Walau sangat cuek terhadap Kujo tapi sebenarnya sangat peduli padanya tapi gengsi mengatakanya. Apakah di akhir cerita mereka akan bersama ? silahkan di nonton, perang antar Negara selalu menimbulkan kesedihan yang mendalam antara kedua bela pihak.