-->

Type something and hit enter

On

Sebelumnya telah dibahas mengenai sinar-sinar istimewa pada cermin cembung dan cekung yang dapat dilihat disini. Selanjutnya kali ini akan dibahas mengenai sinar-sinar istimewa pada lensa cembung dan cekung. Cermin dan lensa memang merupakan dua alat optic yang sangat penting yang menjadi dasar lahirnya alat-alat optic lainnya.

Lensa merupakan suatu benda bening sehingga cahaya dapat menembusnya. Namun karena adanya perbedaan indeks bias dengan udara sehingga cahaya mengalami pembelokan ketika memasuki benda bening tersebut.  Keadaan bidang juga mempengaruhi arah rambat cahaya, apakah permukaannya datar, cekung  ataupun cembung. Sebelum masuk ke sinar-sinar istimewa maka ada beberapa istilah yang perlu diketahui.

Sumbu utama yaitu sumbu yang melalui pusat lensa  dan apabila digambar akan selalu membagi dua lensa. 

Titik focus lensa  yaitu  setengah dari jarak pusat kelengkungan lensa  yang merupakan pusat sinar bias disebarkan apabila pada lensa cekung dan titik kumpul sinar jika itu lensa cembung. Berbeda pada cermin, pada lensa terdapat dua titik focus yaitu titik focus aktif dan titik fikus pasif. Yang terletak di depan lensa dan di belakang lensa.

 Sinar-sinar Istimewa pada Lensa Cembung



 Sama seperti pada cermin, pada lensa juga terdapat tiga sinar istimewa. Lensa cembung merupakan lensa yang berbentuk cembung. Lensa ini bersifat mengumpulkan cahaya atau konvergen
Adapaun sinar-sinar istimewa pada lensa cembung yaitu sebagai berikut 

1. Sinar yang datang sejajar sumbu utama lensa akan dibiaskan melalui titik focus
2.  Sinar yang datang melalui titik fokus lensa akan dibiaskan sejajar sumbu utama
3. Sinar yang datang melewati titik pusat optic akan diteruskan tanpa dibiaskan

Sinar-sinar Istimewa pada Lensa Cekung

Lensa cekung bersifat menyebarkan cahaya atau divergen. Pada cermin cekung juga terdapat tigas sinar-sinar istimewa yaitu sebagai berikut :



1. Sinar datang sejajar sumbu utama akan dibiaskan seolah berasal dari titik fokus pertama
2. Sinar datang menuju titik fokus kedua akan dibiaskan sejajar sumbu utama.
3. Sinar datang yang melalui titik pusat optik akan diteruskan tanpa dibiaskan.

Pesan Buku Olimpiade SD, SMP, SMA by Yohanes Surya
085394700574 [ WhatsApp ]