-->

Type something and hit enter

On
Aristoteles pernah mengungkapkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial. Dimana manusia ini tak dapat hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain. Dimulai dari ketika lahir, manusia pasti membutuhkan uluran tangan orang tuanya untuk bertahan hidup. Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga berinteraksi dengan orang-orang lain. Dalam berinteraksi ini terkadang ada orang yang disenangi dan adapula yang dibenci kepribadiannya. Orang lain juga akan berfikiran seperti itu kepada kita. Baiklah beberapa hal berikut ini merupakan point penting agar orang lain menyukai kepribadian kita. Apabila kita memilki kepribadian ynag baik pastinya dengan mudah kita dapat diterima di dalam masyarakat.

Tidak menyombongkan kelebihan diri
Memiliki kelebihan pada diri kita merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Dan pastinya dalam hati yang paling dalam memiliki rasa agar orang lain memberi apresiasi terhadap kelebihan tersebut. Tapi janganlah anda memamerkan kelebihan yang dimiliki secara berlebihan atau menceritakannya dengan nada sombong. Biarlah orang lain mengetahui sendiri kelebihan yang dimiliki tanpa melalui mulut anda. Atau tunjukkan kelebihan yang anda miliki pada tempat yang tepat, seperti menyanyi ketika ada hajatan dan ataupun itu. Orang hanya akan muak mendengarkan cerita kelebihan anda jika terlalu diceritakan dengan sombong.

Menghargai waktu
Waktu merupakan sesuatu yang sangat penting di dunia ini. Dia tidak akan pernah kembali ketika lewat. Olehnya itu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya akan sangat baik untuk diri kita. Dan bukan Cuma berdampak diri kita, orang lain juga akan menaruh respek terhadap kita. Betapa jeleknya penilaian kita terhadap orang yang sering terlambat ketika janjian atau sering menunda-nunda tugas yang diberikan.

Berprilaku sopan
Terkadang kita bertemu dengan orang yang selalu menganggap rendah orang lain. Kata-katanya kasar dan selalu menganggap dirinya lebih hebat. Hal ini sangat tidaklah kita sukai. Bertemu dengan orang yang begini terkadang kita juga ingin membalasnya. Bersikap sopan santun memberikan kesan pertama orang kepada kita tentang baiknya karakter yang kita miliki. Kita cenderung menyukai orang yang bertingkah sopan dibanding yang kurang ajar.

Sering mengucapkan terima kasih
Apabila kita mendapat bantuan dari orang lain biasanya kita mengucapkan terima kasih. Hal ini akan menyebabkan orang tersebut merasa dihargai akan apa yang dia lakukan. tapi jangan cuma ketika diberi bantuan saja barulah megucapkan terima kasih. Sering-seringlah mengucapkan terima kasih walau itu hal-hal yang sederhana. Dan usahakan untuk selalu lebih dulu mengucapkannya dibanding orang lain. Baik itu ketika berbelanja, diberi kesempatan berbicara di forum dan hal-hal kecil lainnya. Hal ini membuat orang lain berfikir bahwa kita menghargainya.

Menjalankan tanggung jawab yang diberikan
Bergaul dengan orang yang malas bergerak membuat kita juga malas dengannya. betapa betahnya ketika orang-orang disekeliling kita merupakan orang-orang ynag suka memikul tanggung jawab hingga selesai. Setiap tugas yang telah dibagi-bagi pengerjaannya akan dengan cepat diselesaikannya. Selalulah menawarkan diri memikul tanggung jawab di kelompok anda, tapi bukan berari tidak memberi kesempatan kepada orang lain untuk mengaktualisasikan dirinya.

Berwajah ceria dimanapun
Menunjukkan wajah yang ceria dimuka umum membuat orang lain senang memandangnya. Berbeda jika orang lain tersebut hanya selalu menampakkan wajah murungnya, dan selalu mengeluh dengan masalah-masalahnya walau itu hanyalah masalah kecil. Orang yang hanya menceritakan curahan hatinya saja akan membuat kita lesu mendengarnya. Berbeda dengan orang yang selalu ceria membuat kita lebih bersemangat. Walaupun suasana hati sedang galau tapi selalulah menunjukkan wajah yang ceria.

Suka memuji dan menghargai kinerja orang lain
Memuji kinerja yang telah diusahakan orang lain akan membuat kita baik dimatanya. Bukan malah menganggap rendah atau malahan menjatuhkannya. Walau kadang biasanya menurut kita hal itu tampak biasa saja. Tapi memujinya jangan terlalu berlebihan hingga nampak mengejek. Menghargai bukan berarti kita tak dapat memberikan kritikan dan saran demi kebaikan kinerja kedepannya.



Itulah beberapa hal sederhana sehingga orang lain akan respek dengan kepribadian kita. Menjadi orang menyenangkan yang dicari sama banyak orang membuat kita lebih senang. Bukan menjadi orang yang dihindari oleh orang lain. Selamat mencoba dan mencari lagi hal-hal kecil yang membuat diri kita tampak menyenangkan.


Referensi
Marhijanto, Bambang. Cara Membentuk Pribadi Mempesona. Surabaya: CV Bintang Remaja