-->

Type something and hit enter

On
Kemampuan berbahasa Inggris bukanlah kemampuan mewah lagi. Dimana setiap orang memang sudah wajib untuk meguasainya. Namun masih banyak yang kesulitan untuk mempelajarinya. Berikut beberapa tips atau cara-cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan menyenangkan

Siapkan selalu kamus elektronik
Perbendaharaan kosakata menjadi permasalahan dalam belajar bahasa. Sehingga biasanya kita dituntut menghafal banyak kosakata tiap hari. Ini sangat baik, namun terkadang membosankan. Dengan menyiapakn kamus elektronik yang mudah dibawa kemana-mana, akan memudahkan kita untuk menerjemahkan suatu kata bahasa inggris. Jadi apabila menemukan satu kata atau beberapa kata, langsung dicari terjemahannya. Apabila sudah terlalu sering ditemukan kata-kata yang sama, maka dengan sendirinya akan tertanam di otak kita.

Mendengar dan Mengartikan Lagu Bahasa Inggris
Tak dapat dipungkiri lagi jika menghapal kata-kata yang bernada itu lebih mudah jika tanpa nada ataupun rumus-rumus. Dengan memanfaatkan kondisi ini akan membantu kita memperbanyak kosakata kita dengan lebih menyenangkan. Tentu saja dengan sedikit usaha menerjemahkan. Kita harus tetap memperoleh manfaat dari setiap refreshing yang dilakukan. Selain itu dengan mendengar lagu akan melatih kita dalam mendengarkan pelafalan kata bahasa Inggris

Chat menggunakan Bahasa Inggris
Aktivitas yang satu ini menjadi bagian yang terpisahkan dari kehidupan saat ini. Berkomunikasi dengan teman menggunakan dunia maya memang menghabiskan banyak waktu kita. Alangkah baiknya jika kita tak sekedar bercanda saja. carilah teman yang sama-sama memiliki komitmen untuk berlatih bahasa Inggris, dengan membuat kesepakatan menggunakan bahasa Inggris dalam chat. Hal ini akan membantu kita menggambarkan sesuatu dalam kalimat bahasa inggris dalam hal ini writing .

Menonton Film Favorite dengan Subtitel Bahasa Inggris
Bagi teman-teman yang memiliki hobby menonton, baik dari film Barat, India, Korea, Anime dan sebagainya. Pasti akan selalu menggunakan subtitle untuk lebih memudahkan kita mencerna bahasa yang digunakan. Menonton memang menjadi sarana untuk menghilangkan stress dari aktivitas yang padat. Tapi lebih baik lagi jika dimanfaatkan belajar sehingga waktu yang digunakan menonton tidak terbuang sia-sia. Menggunakan subtitle berbahasa Inggris akan sangat membantu menambah perbendaharaan kosakata kita. Tapi tentunya harus dibarengi dengan kamus elektronik tadi. Memang diawal akan terasa sulit ketika belum memiliki banyak perbendaharaan kata, dan terkesan tidak mendapatkan manfaat hiburannya. Tapi apabila sering dilakukan maka dengan sendiri nya kita akan mampu mendapat sisi hiburan. Dan jauh lebih baik lagi jika film dari Barat yang ditonton karena dapat sekaligus belajar listening  nya.

Bergabung dengan Komunitas Bahasa Inggris
Saat ini semakin banyak komunitas-komunitas bahasa inggris yang dibentuk untuk mewadahi minat yang ingin mengembangkan bahasa inggris. Baik itu di sekolah-sekolah ataupun kampus-kampus. Bergabung dengan mereka akan memberikan ruang lebih untuk meningkatkan skill kita berbahasa Inggris. Belajar secara bersama-sama biasanya memiliki cara tersendiri untuk membuat angggotanya tetap fun.


Itulah beberapa cara atau tips untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris tanpa mengkuras habis otak kita. Dengan cara menyenangkan akan lebih memudahkan kita belajar. Tapi tentunya cara diatas belum lah cukup masih perlu usaha lagi agar benar-benar bisa lancer berbahasa Inggris.