Organisasi merupakan alat sekelompok manusia untuk mencapai
tujuannya secara bersama-sama. Di kehidupan modern dengan kompleksitas social yang
tinggi, berorganisasi merupakan hal mutlak. Sadar atau tidak sadar setiap sudah
menjadi bagian dari organisasi. Olehnya itu kesadaran untuk berorganisasi
haruslah dibangun sejak awal agar kita memiliki kecakapan untuk terjun
kedalamnya kelak. Proses terbentuknya organisasi disebabkan oleh banyak factor.
Setiap organisasi dibangun oleh bermacam-macam unsur pmebentuk. Dalam tulisan
ini akan dibahas unsur minimal terbentuknya organisasi Menurut Barnard (1965),
ada tiga unsur dasar pembentuk organisasi yaitu sebagai berikut:
Kemauan bekerja sama
dan melayani
Setiap orang memiliki ego dan pendiriannya masing-masing. Hal
itu tak dapat dipungkiri dapat memunculkan sifat sombong dalam diri manusia. Namun
kembali lagi kedalam diri manusia itu sendiri seberapa besar dia menuruti
egonya. Ego yang tinggi akan memunculkan sikap bahwa dirinya yang terbaik yang
dapat diandalkan oleh siapapun termasuk menganggap rendah orang lain. untuk
membentuk organisasi, ego individu haruslah dihilangkan. Setiap orang yang
tergabung ke dalam organisasi pastilah memiliki niat untuk bekerja sama
sehingga membutuhkan orang lain. karena tak mungkin setiap tujuan dapat
tercapai tanpa adanya kerja sama.
Tujuan bersama
Unsur kedua pembentuk organisasi yaitu adanya tujuan bersama
yang ingin dicapai oleh sekelompok orang tersebut. Setiap individu boleh
memiliki tujuan masing-masing untuk berorganisasi tapi organisasi haruslah
memiliki tujuan bersama yang ingin dicapai. Alasan utamanya karena tujuan
tersebut tak dapat dicapai jika dikerja secara individu. Perusahaan misalnya
sebagai organisasi tak dapat mendapat keuntungan maksimal jika dikerjakan oleh
satu orang sehingga butuh orang-orang untuk bersama-sama mencapai tujuan
mendapatkan untung. Tiap orang menjalankan fungsinya masing-masing demi
tercapainya tujuan tersebut, ada sebagai bagian produksi, distribusi, manajeman
dan sebagainya.
Komunikasi
Organisasi merupakan kumpulan orang-orang. Untuk menyatukan
semuanya maka komunikasi adalah hal mutlak dilakukan. Tujuan akan tercapai jika
dikomunikasikan dengan baik sehingga tak ada kesalahan karena komunikasi. Untuk
membangun hubungan kerja sama tim yang baik,penyebaran informasi haruslah baik
di setiap anggota. Kegiatan rutin dalam organisasi adalah rapat, disini
komunikasi akan berjalan, bayangkan organisasi tanpa adanya rapat. Maka taka da
wadah menyatukan berbagai pandangan dari tiap anggota. Untuk membentuk organisasi baru, orang-orang
haruslah berbicara terlebih dahulu mengomunikasikan akan maksud yang ingin
dicapai bersama tersebut.
Ketiga hal tersebut merupakan unsur dasar yang paling
minimal dibutuhkan oleh organisasi agar terbentuk. Ada banyak hal lain unsur
dan factor penyusun organisasi seperti kesamaan nasib, latar belakang
pekerjaan, asal daerah. Agar organisasi dapat bertahan dan mencapai tujuannya
maka masih banyak unsur lain yang harus dipenuhi. Dan tiga hal tersebut
merupakan unsur dasar yang harus dimiliki.
Referensi
Muhyadi. 2012. Dinamika Organisasi Konsep dan Aplikasinya
Dalam Interaksi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak