-->

Type something and hit enter

On
Organisasi merupakan alat sekelompok manusia untuk mencapai tujuannya secara bersama-sama. Di kehidupan modern dengan kompleksitas social yang tinggi, berorganisasi merupakan hal mutlak. Sadar atau tidak sadar setiap sudah menjadi bagian dari organisasi. Olehnya itu kesadaran untuk berorganisasi haruslah dibangun sejak awal agar kita memiliki kecakapan untuk terjun kedalamnya kelak. Proses terbentuknya organisasi disebabkan oleh banyak factor. Setiap organisasi dibangun oleh bermacam-macam unsur pmebentuk. Dalam tulisan ini akan dibahas unsur minimal terbentuknya organisasi Menurut Barnard (1965), ada tiga unsur dasar pembentuk organisasi yaitu sebagai berikut:

Kemauan bekerja sama dan melayani
Setiap orang memiliki ego dan pendiriannya masing-masing. Hal itu tak dapat dipungkiri dapat memunculkan sifat sombong dalam diri manusia. Namun kembali lagi kedalam diri manusia itu sendiri seberapa besar dia menuruti egonya. Ego yang tinggi akan memunculkan sikap bahwa dirinya yang terbaik yang dapat diandalkan oleh siapapun termasuk menganggap rendah orang lain. untuk membentuk organisasi, ego individu haruslah dihilangkan. Setiap orang yang tergabung ke dalam organisasi pastilah memiliki niat untuk bekerja sama sehingga membutuhkan orang lain. karena tak mungkin setiap tujuan dapat tercapai tanpa adanya kerja sama.

Tujuan bersama
Unsur kedua pembentuk organisasi yaitu adanya tujuan bersama yang ingin dicapai oleh sekelompok orang tersebut. Setiap individu boleh memiliki tujuan masing-masing untuk berorganisasi tapi organisasi haruslah memiliki tujuan bersama yang ingin dicapai. Alasan utamanya karena tujuan tersebut tak dapat dicapai jika dikerja secara individu. Perusahaan misalnya sebagai organisasi tak dapat mendapat keuntungan maksimal jika dikerjakan oleh satu orang sehingga butuh orang-orang untuk bersama-sama mencapai tujuan mendapatkan untung. Tiap orang menjalankan fungsinya masing-masing demi tercapainya tujuan tersebut, ada sebagai bagian produksi, distribusi, manajeman dan sebagainya.

Komunikasi
Organisasi merupakan kumpulan orang-orang. Untuk menyatukan semuanya maka komunikasi adalah hal mutlak dilakukan. Tujuan akan tercapai jika dikomunikasikan dengan baik sehingga tak ada kesalahan karena komunikasi. Untuk membangun hubungan kerja sama tim yang baik,penyebaran informasi haruslah baik di setiap anggota. Kegiatan rutin dalam organisasi adalah rapat, disini komunikasi akan berjalan, bayangkan organisasi tanpa adanya rapat. Maka taka da wadah menyatukan berbagai pandangan dari tiap anggota.  Untuk membentuk organisasi baru, orang-orang haruslah berbicara terlebih dahulu mengomunikasikan akan maksud yang ingin dicapai bersama tersebut.

Ketiga hal tersebut merupakan unsur dasar yang paling minimal dibutuhkan oleh organisasi agar terbentuk. Ada banyak hal lain unsur dan factor penyusun organisasi seperti kesamaan nasib, latar belakang pekerjaan, asal daerah. Agar organisasi dapat bertahan dan mencapai tujuannya maka masih banyak unsur lain yang harus dipenuhi. Dan tiga hal tersebut merupakan unsur dasar yang harus dimiliki.

Referensi           

Muhyadi. 2012. Dinamika Organisasi Konsep dan Aplikasinya Dalam Interaksi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak