-->

Type something and hit enter

On

Berbicara didepan umum merupakan soft skill yang wajib dikuasai oleh setiap orang di jaman ini. Menjadikan cerdas dan genius saja belumlah cukup. Gagasan dan ide yang brilian tidaklah cukup jika tak dapat di jelaskan kepada orang lain. makanya kemampuan komunikasi haruslah dilatih sedini mungkin. Salah satu hal yang melatih kemampuan kita untuk memaparkan gagasan yang dimiliki yaitu dengan presentasi. Kegiatan presentasi merupakan kegiatan memaparkan suatu ide/gagasan/materi kepada orang banyak agar orang lain memahami yang kita pikirkan. Kegiatan presentasi biasanya dilakukan oleh seorang pelajar / mahasiswa di depan kelas dalam rangka menunaikan tugas, atau seorang karyawan marketing dalam memaparkan strategi pemasarannya, seorang teknisi yang memaparkan produk terbaru yang dirancangnya, seorang peneliti yang menyampaikan hasil penelitiannya dan lain sebagainya.
Kuasai Materi
Ilutrasi Foto
Hal ini merupakan syarat mutlak yang harus dipersiapkan sebelum melakukan presentasi. Bagaimana mungkin kita mengajarkan orang lain sementara kita sendiri belum terlalu paham dengan yang akan ditampilkan. Seorang presenter harus memiliki pengetahuan yang jauh lebih dalam dari materi yang akan dibawakan. Misalnya jika pada sebuah kasus kita hanya dituntuk untuk memaparkan hingga ke kulit-kulit materinya, maka setidaknya penyaji harus sudah memahami hingga ke bagian isinya.

Tampilan slide yang sederhana
Saat ini teknologi sudah sangat maju, hingga begitu banyak media yang membantu kita untuk menjelaskan materi presentasi. Salah satunya aplikasi dalam computer seperti power point , prezy dan aplikasi presentasi lainnya. Dengan adanya alat bantu tersebut tentu akan membantu kita membuat media presentasi yang menarik. Tapi dalam menyusun slide presentasi sebaiknya ditampilkan dengan sederhana tapi tetap menarik. Tampilan yang rumit nanti ditakutkan akan membuat pembaca kesulitan membaca slide presentasi kita.

            Selain itu janganlah membuat tampilan slide yang menampilkan seluruh isi materi yang dipaparkan yang terkesan menyerupai surat kabar. Tetapi cukuplah point-point penting nya saja.  Sisanya dijelaskan dengan panjang lebar oleh si penyaji materi.
Tidak membaca / spontan

            Berbicara dengan orang yang baik dan benar itu harus terjadi interaksi dengan lawan bicara. Baik tatapan mata, gestur tubuh dan ekspresi. Begitupun dengan berbicara didepan umum termasuk didalamnya presentasi. Usahakan dalam pemaparan kita harus menjaga pandangan kita ke audiensi. Dan kalaupun memang terpaksa harus membaca, yah diusahakan hanya untuk sesekalinya saja. Penyampaian seharusnya terstruktur dengan baik dan jelas namun pembicara tetap harus menyampaikan dengan spontan. Dan proses ini membutuhkan pembiasaan diri agar terlihat tidak kaku di depan umum.

Latihan dan Simulasi
Setelah semua hal diatas telah dipersiapkan, baik itu materi yang sudah kuasi, media presentasi yang mapan dan berbagai persiapan lainnya. Latihan dan simulasi membawakan kita memberikan gambaran hal-hal apa saja yang terjadi nanti pada saat presentasi. Apakah media kita sudah tidak ada lagi kesalahan-kesalahan kecil di dalamnya. Apakah teknik penyampaian kita sudah memadai dan lain sebagainya.

Perhatikan penampilan
Tak dapat dielakkan bahwa kesan pertama seseorang itu terlihat dari gaya penampilannya. Walaupum sebenarnya belum tentu itu benar. Seperti ungkapan “Jangan menilai buku dari sampulnya” Tetapi kebanyakan orang tetap akan menilai karakter seseoarang dari penampilan luarnya di saat pertama kali bertemu.
Dalam hal presentasi, sesuaikanlah gaya berbusana kita dengan audiens yang mendengarkan. Jika kita berada dalam lingkungan yang formal seperti ruang kelas, seminar , perkantoran tentunya memiliki kriteria tersendiri. Tidak harus juga mengikuti gaya berpakaian audiensi tetapi jangan yang bertentangan.

Itulah beberapa hal mendasara yang harus diperhatikan saat akan melakukan presentasi yang penulis rangkum dari beberapa referensi dan pengalaman. Saya sendiri masih tahap belajar dalam hal ini, jadi menurut teman-teman, apa ada hal lagi yang masih harus ditambahkan ?