-->

Type something and hit enter

On
Setelah lulus SMA biasanya orang akan meninggalkan kampung halaman. Ada yang karena ingin bekerja dan adapula yang melanjutkan kuliah. Untuk alasan itu semua pastinya akan memilih tempat tinggal baru atau biasa dikenal istilah kos atau kontrak rumah. Kita berniat kuliah tentunya ingin memperoleh ilmu yang lebih mendalam. Agar proses perkuliahan berjalan baik, tempat tinggal tentu saja memiliki peran dalam membangun karakter kita.

Berikut  ini beberapa tips yang dapat teman-teman pertimbangkan ketika memilih untuk tinggal kos-kosan

Memiliki Akses yang Strategis
Hal ini layak teman-teman dimana lokasi kos atau tempat tinggal yang teman pilih. Itu tergantung dari pilihan teman-teman mau yang dekat dari kampus atau agak jauh atau sangat jauh. Untuk menghemat biaya transportasi tentunya pilihlah yang dekat dari kampus atau paling tidak mudah dijangkau. Biasanya yang dekat dengan kampus agak lebih mahal, olehnya itu yang agak jauh dapat juga dipertimbangkan asalkan masih mudah dijangkau. Selain itu fasilitas publik yang tersedia juga harus diperhatikan, seperti pasar, minimarket dan penyedia kebutuhan lainnya.
Survey Harga
Memang kualitas selalu berbanding lurus dengan harga. Sisa kawan-kawan mau memilih yang sesuai dengan isi kantong kawan-kawan. Mau yang mahal dengan fasilitas mewah atau cukup yang sederhana saja. Tapi jangan lupa tetap harus membandingkan harga-harga ynag ditawarkan pemilik kos yang satu dengan yang lainnya dan juga fasilitasnya. Agar kita memperoleh fasilitas yang sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Keamanan
Bukan berita baru lagi jika kota besar di Indonesia ini rawan aksi kejahatan. Aksi kejahatan masih selalu mengincar apabila kita lengah. Apabila para pelaku saat ini memiliki modus yang beragam dan semakin canggih. Dan biasanya yang rawan menjadi korban orang-orang baru di daerah kos-kosan. Olehnya factor keamanan harus menjadi pertimbangan para calon penghuni kos.

Yang Bisa Memasak
Anak kos selalu diidentikkan dengan kehabisan uang diakhir bulan. Yah biasanya memang dituntut untuk mengelola sendiri keuangannya sendiri. Agar lebih hemat alangkah baiknya jika memasak sendiri. Olehnya itu pilih kos yang memiliki dapur atau yang dapat digunakan untuk memasak.

Memilih Teman dari Lintas jurusan
Biasanya juga terkadang beberapa orang ingin mengontrak rumah atau kos bersama dengan teman. Baik itu yang teman sejurusan, teman sekampung, teman sekolah dulu dan berbagai pertimbangan lainnya. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri, jika memilih teman yang sejurusan maka kita dapat dengan mudah belajar bersama-sama. Tapi disini saya merekomendasikan agar bersama dengan teman-teman yang beda jurusan.ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh seperti kita akan mudah sharing ilmu dengan teman dari jurusan lain. Selain itu buku-buku teman dari jurusan lain dapat menjadi santapan kita. Dampak lainnya kita akan memiliki banyak link dari teman lintas jurusan.

Beberapa hal tersebut dapat menjadi pertimbangan kita dalam memilih kos agar kita nyaman nantinya. Selain suasana kos haruslah memotivasi kita agar menjadi lebih maju lagi. Bukan yang malah membuat kita menjadi malas belajar dan melupakan tujuan kita di awal kuliah