-->

Type something and hit enter

On
Salah satu ciri dari makhluk hidup yaitu bernafas. Bernafas merupakan aktivitas yang penting pada makhluk hidup. Karena jika semenit saja tidak bernafas maka makhluk hidup dapat mati. Makhluk hidup bernafas dengan menggunakan organ-organ yang saling bekerja sama yang kemudian dikenal dengan istilah system organ penafasan.  Proses pernapasan secara umum  dimulai dari menghirup oksigen di lingkungan sekitar kemudian terjadi reaksi di dalam tubuh untuk menghasilkan tenaga lalu mengeluarkan karbondioksida. Selanjutnya berikut ini merupakan system organ pernapasan yang terdapat pada manusia.

Hidung
Hidung merupakan organ pernapasan yang paling luar. Hidung inilah yang menjadi pintu gerbang masuknya udara ke dalam tubuh. pada hidung terdapat bulu hidung dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara dari debu agar tidak masuk ke paru-paru. Selain itu juga berfungsi untuk menyesuaikan suhu  dan kelembaban udara dengan suhu dalam tubuh kita. Selain sebagai organ pernapasan di dalam hidung juga terdapat reseptor bau yang digunakan untuk mencium bau.

Faring / Tekak
Faring merupakan percabangan antara saluran tenggorakan sebagai organ pernapasan dan saluran kerongkongan sebagai organ pencernaan. Udara yang masuk ke hidung akan diteruskan ke tenggorokan melewati faring. Pada bagian bawah faring dapat ditemukan laring yang merupakan bagain awal tenggorokan. Di laring lah tempat pita suara berada. Disini juga terdapat katup yang menutup ketika kita sedang makan sehingga makanan tidak masuk ke tenggorokan.

Trakea / Batang Tenggorokan
Batang tenggorok merupakan saluran berbentuk pipa yang terletak di depan kerongkongan mulai dari leher hingga dada. Batang tenggorok tersusun atas cincin-cincin tulang rawan yang berbentuk huruf C  yang bagian belakangnya tersambung dengan pada esophagus. Pada bagian dinding sebelah dalam tenggorokan terdapat silia (rambut getar) dan berlendir. Silia ini berfungsi menangkap debu dan mikroorganisme yang lolos dari penyaringan di rongga hidung. Debu dan mikroorganisme yang tertangkap akan terdorong ke belakang rongga mulut yang kemudian dikeluarkan melalui bersin dari tubuh

Bronkus / Cabang Tenggorokan
Bronkus ini memiliki struktur yang hampir sama dengan trakea Cuma cincin pada bronkus berbentuk O. Bronkus ini merupakan percabangan yang menuju paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Selanjutnya bronkus ini akan bercabang-cabang lagi yang disebut bronkhiolus.

Bronkhiolus
Yang biasa disebut anak cabang bronkus ini bercabang-cabang lagi di dalam paru-paru. Dimana menjadi kelanjutan dari saluran tenggorokan yang semakin kecil, halus dan tipis dindingnya. Disini sudah tidak terdapat lagi tulang rawan seperti bronkus dan tenggorakan tetapi masih terdapat silia. Pada ujung bronkhiolus ini kemudian terdapat gelumbung yang disebut alveolus.

Alveolus
Inilah muara terakhir dari saluran pernapasan. Alveolus ini berstruktur seperti bola-bola mungil berdinding tipis, lembab dan terhubung langsung dengan kapiler-kapiler darah. Alveolus terdiri atas satu lapis sel epitelium pipih yang merupakan tempat darah hampir bersentuhan langsung dengan udara. Disinilah darah mengikat oksigen dari rongga alveolus.

Paru-paru
Paru-paru merupakan organ pernapasan dimana bronkhiolus dan alveolus berada. Yang artinya kedua organ penting ini dibungkus di dalam paru-paru. Paru-paru terletak pada rongga dada manusia yang berjumah sepasang, kanan dan kiri. Paru-paru dibungkus oleh selaput pleura parietalis (diluar) dan pleura viscerlaris (didalam). Diantara kedua lapisan itu terdapat cairan limfa yang berguna melindungi paru-paru dari gesekan saat mengembang dan mengempis.


Itulah organ-organ pernapasan pada manusia yang penting untuk diketahui. Sungguh besar ciptaan tuhan kepada kita sehingga patut untuk kita syukuri.