-->

Type something and hit enter

On
Kabupaten Jeneponto adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupatenJeneponto adalah Bontosunggu. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 749,79 km2 dan berpenduduk sebanyak 330.735 jiwa, kondisi tanah (topografi) pada bagian utara terdiri dari dataran tinggi dengan ketinggian

500 sampai dengan 1400 m, bagian tengah 100 sampai dengan 500 m dan pada bagian selatan 0 sampai dengan 150 m di atas permukaan laut. dan memiliki pelabuhan yang besar terletak di desa Bungeng. (Sumber : Wikipedia.com).


Banyak hal yang bisa di peroleh apabila teman teman dan para keluarga berkunjung ke kabupaten tersebut, pastinya tidak bakalan nyesal deh.. yuk kita bahas seksama apa saja sih yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengujungi daerah tersebut.

1.  Makanan khas Jeneponto (Coto kuda)
     
     Makanan khas jeneponto satu ini sangat digemari para wisatawan yang datang mengujungi daerah ini bukan hanya dari rasanya yang gurih dan enak tapi soal khasiatnya yang menjadi daya tarik orang mencicip atau memakan cota kuda ini, menurut penelitian dokter coto kuda dapat menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya penyakit titanus, penyakit lemah sahw*t, dan penyakit nyeri otot.
saya kira itu ulasan mengenai makanan khas jeneponto dalam hal ini coto kuda. Masih banyak makanan khas daerah ini yang tidak kalah juga enaknya seperti gogoso, lammang, bayao kannasa, dll.

2. Pemandangan Di Air Terjun Tamamalulua.
 
    Daerah ini tidak hanya mempunyai makanan khas yang sangat terkenal yaitu coto kuda ya, tetapi di jeneponto juga memiliki keindahan dari segi Wisata Alamnya yaitu air terjun tamalulia yang terletak di daerah Kecematan Rumbia Kabupaten jeneponto. Air terjun ini dangat unik, Kenapa saya katakan sangat unik karena, air terjun ini terbagi tiga dan memiliki ketinggian yang bisa dikatakan cukup tinggi, bukan hanya itu pemandangan nya pun sangat asri yang masih jauh dari kata tercemar.

3. Pacuan Kuda

    Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari minggu menjadi kebiasaan dan membudaya di daerah jeneponto yaitu pacuan kuda, pelaksanaan kegiatan ini sanat unik menurut saya, karena euforia masayarakat disana sangat tinggi dan rasa cintanya terhadap keseruan dari pacuan kuda ini..
ini sudah menjadi kebiasaaan di masyarakat jeneponto, dilihat dari kebiasaan ini, kegiatan ini mempunyai agenda yang dinamakan LOMBA BENDERA bahasa disana, tapi sepengetahuan saya lomba bendera ini adalah suatu lomba yang diadakan secara AKBAR yang di hadiri petinggi petinggi Pemerintah daerah, serta di datangkan kuda kuda dari luar daerah.