-->

Type something and hit enter

On
Di tahun 2016 segerombolan hewan purba dalam Ice Age kembali. Setelah mengisahkan petualangan Manny, Sid, Diego dan kawan-kawannya dalam empat sekuel sebelumnya. Ternyata kisah mereka tak kehabisan akal untuk diceritakan kembali dalam sekuel kelima dalam Ice Age:  Collision Course. Saya selalu bertanya-tanya apa masih ada konflik yang menarik kembali untuk diceritakan. Mengingat para tim Ice Age telah melewati berbagai macam kiamat yang mengancam mereka dengan latar waktu jaman es.

Duo sutradara Ice Age 5,  Mike Thumeier dan Galen T. Chu menjawabnya dengan menghadirkan cerita mereka masih layak untuk disimak hingga sekuel kelima ini. Akhirnya karakter-karakter hewan purba lucu ini dapat kembali dinikmati.

Sinopsis ringkas

Scrat kembali dengan ulah lucunya mendapatkan biji kenari mengawali Ice Age 5. Seperti biasanya dia selalu mendapatkan masalah sehingga tak bisa-bisa berhasil. Namun kali ini Scrat terperangkap ke dalam sebuah UFO milik alien yang tersembunyi didalam lapisan es. Dengan ini membuat scrat harus bertualang ke luar angkasa. Karena petualangannya tersebut selalu saja membuat kekacauan. Kekonyolan yang dilakukan Scrat mengejar kenari kesayangannya ternyata menjadi penyebab susunan tata surya kita jadi berbentuk seperti sekarang ini. Di juga menyebabkan adanya sabuk asteroid dan juga menyebabkan di planet Mars berwarna merah tanpa air. Dan berita buruknya karena kelakuannya secara tak sengaja mengarahkan sebuah asteroid besar ke arah bumi yang telah membuat dinosaurus purba sebelumnya.

Kali ini akibat hantaman tersebut akan membuat kehidupan para geng Ice Age terancam punah seperti sebelumnya. Sementara itu di bumi, Buck seekor musang cerdas yang sebelumnya muncul di Ice Age : Dawn of Dinosaurus kembali bertemu dengan Manny, Diego, Sid dan lainnya. Disini Buck telah mengetahui bahwa bumi akan tertabrak asteroid dari sebuah ramalan batu kuno. Selanjutnya mereka semua berusaha untuk menghentikan terjadinya bencana besar tersebut.

Review Ringkas

Seperti pada sekuel sebelumnya, kisah Ice Age selalu menghadirkan kekonyolan dari karakternya. Utamanya ulah Scrat yang selalu mengejar biji kenarinya tetapi selalu gagal. Tingkahnya ini walau tanpa ada dialog selalu membuat tertawa. Disini juga yang nampak seru yaitu adegan Buck yang selalu berlaga akrobatik di dunia dinosaurus. Yang mengangkat sedikit adrenalin tapi lucu. Kecerdasan dari Buck ini yang membawa mereka berpetualang menyelamatkan dunia.


Plot ceritanya sendiri walau kembali berkisah kiamat tetapi tidak terlalu menantang yang biasanya menampilkan pertarungan. Disini rata-rata pemain Ice Age sudah mendapatkan pasangan. Konflik utama ceritanyapun tentang masalah keluarga Manny. Dimana sang anak gadisnya, Peachis, sudah tumbuh dewasa dan akan menikah. Manny dan Elly sebagai orang tua belum siap untuk kepergian anak yang disayanginya itu. Selain itu Sid yang sampai sekuel kelima ini juga belum mendapatkan pasangan semakin memperlihatkan masa galaunya disaat yang lain sudah berbahagia. Tapi kemudian tim ini dipertemukan oleh karakter baru, Brooke, karakter hewan sejenis Sid yang tampkanya cantik, yang nampaknya akan menjadi pasangan dari Sid.

Saya berfikir kalau Ice Age itu identik dengan jaman purba. Tapi di sekuel ini menghadirkan teknologi canggih dari UFO yang memberi warna tersendiri. Walau sebenarnya tidak berhubungan dengan cerita utama jaman es. Tetapi ternyata masih bisa dhubungkan dengan adanya kemungkinan bahwa UFO ini ada, menjadi penghubung cerita dengan luar angkasa. Ini menjadi pemikiran tersendiri sebelumnya, bahwa bagaimana melanjutkan kisah ini hingga tak kehabisan akal. Dan saya masih penasaran cerita baru apa yang nanti muncul di Ice Age selanjutnya, apakah masih ada kejutan-kejutan di plot ceritanya.

Kesan ilmiah namun tak masuk akal ditampakkan dalam film ini. Seperti gravitasi, medan magnetik, dan teori baru asal usul tata surya memberi pelajaran sendiri. Dan dipadukan pula dengan unsur mistis semisal ramalan.

Adanya dunia terisolasi, Geotopia, dengan kecanggihan didalamnya berkat medan magnetik. Sungguh membuat terpikat dengan dunia baru yang indah, hampir mirip ketika mereka memasuki dunia dinosaurus bawah tanah pertama kali. Ini juga membawa kita berfikir tentang masyarakat terisolasi yang sulit menerima pengaruh dari luar.


Film ice age ini menjadi film segala umur, meskipun konflik cerita percintaannya sudah ada. Nilai-nilai persahabatan dan pantang menyerah melekat kuat dalam kisah ini sehingga cocok dengan anak-anak. Tak ada adegan yang terkesan vulgar. Saya berharap Ice Age ini tetap berlanjut jalan ceritanya walau saat ini telah banyak bermunculan film-film animasi terbaru yang berkualitas tinggi. Semoga Ice age masih dapat bersaing.