-->

Type something and hit enter

On
Seorang ilmuwan asal Jerman yang memberi kontribusi terhadap pemahaman konsep dasar kelistrikan yaitu Gustav Robert Kirchoff (1824 – 1887) . Beliau melahirkan dua konsep dasar pada rangkaian listrik yang kemudian dikenal dengan hukum pertama dan kedua kirchoff.

Hukum Pertama Kirchoff
Hukum ini berkaitan dengan arus listrik pada rangkaian bercabang sehingga biasa pula disebut dengan istilah Hukum Arus Kirchoff dimana berbunyi

“Jumlah arus yang masuk ke dalam suatu titik percabangan sama dengan jumlah arus yang keluar meninggalkan percabangan tersebut”













Dari rangkaian di atas, berdasarkan bunyi Hukum Pertama Kirchoff  dapat diketahui bahwa I1 + I2 = I3 + I4 + I5 . Hal ini dapat diasumsikan dengan sejumlah mobil yang melewati sebuah persimpangan. Total jumlah mobil yang masuk ke titik percabangan, pasti akan sama dengan total jumlah mobil yang keluar dari titik percabangan tersebut.

Hukum Kedua Kirchoff

Sedangkan pada hukum Kedua Kirchoff berkaitan dengan tegangan pada suatu rangkaian tertutup. Sehingga disebut pula dengan Hukum Tegangan Kirchoff yang mana berbunyi sebagai berikut :

“Pada rangkaian tertutup jumlah total tegangannya sama dengan nol”


Pada gambar rangkaian diatas dapat kita lihat bahwa terdiri dari sumber tegangan Vs dan tiga buah hambatan. Berdasarkan hukum kedua kirchoff maka


Jadi jumlah total tegangan yang dimiliki oleh hambatan tidaklah lebih besar atau lebih kecil dari tegangan yang diberikan oleh sumber alias sama.