-->

Type something and hit enter

On


              Persaingan semakin ketat untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Bahkan mengecap dunia perkuliahan bukan jaminan untuk mendapatkan pekerjaan layak nantinya. Semakin tingginya angka lulusan S1 di negeri ini juga semakin meningkatkan angka pengangguran intelektual. Memang diakui di negeri ini masih kekurangan lapangan kerja untuk menampung seluruh angkatan kerja. Pemerintah telah menggalakkan dunia wirausaha sebagai alternatif solusi pagi para angkatan kerja untuk menciptakan lapangan kerjanya sendiri.
                Bagi kalian yang saat ini sementara menjalani kuliah, sudah siapkah untuk menghadapi kerasnya dunia setelah lulus. Tentu kita akan bersaing dengan teman kuliah nanti setelah lulus nanti. Olehnya itu kemampuan kita harus berada diatas rata-rata agar dapat diperhitungkan.
                Selain itu sebaiknya persiapkan investasi masa depan teman-teman selagi masih muda. Agar dapat membantu kehidupan pasca lulus. Investasi yang dimaksud tak selamanya berupa materi yang bernilai ekonomi tapi dapat berupa bentuk lain. berikut ini yang wajib teman-teman investasikan

Menulislah
Dunia akademik identik dengan aktivitas satu ini. Tapi masih banyak mahasiswa yang mengacuhkan hal ini. Sehingga masih mengabaikannya, padahal salah satu cara untuk memperpanjang usia yaitu dengan menulis. Kita mengenal Aristoteles dan yang lain karena mereka diabadikan oleh tulisan. Jadi apa yang harus ditulis? Apapun itu sesuai dengan minat, jadi bukan menulis karena hanya tuntutan tugas kuliah saja. Tulislah apapun yang menarik anda, baik itu puisi, cerpen, novel, artikel, esai ataupun karya ilmiah. Zaman sekarang ini semakin banyak media untuk mempublikasikan tulisan kita. Bukan hanya media surat kabar atau majalah, perkembangan internet semakin memberi akses untuk itu. Blog, website, dan berbagai media sosial adalah sarana yang tepat.
                Memang berkesan tak akan menghasilkan uang dengan ini pada awalnya. Tapi semakin sering maka akan meningkatkan kualitas menulis teman-teman. Dan kelak kemampuan ini dapat berguna untuk dunia kerja. Selain itu tak menutup kemungkinan uang juga berdatangan karena aktivitas ini. Kumpulan tulisan kita akan dapat menjadi investasi masa depan kita.

Membangun Jaringan dan Organisasi
                Dalam kelas perkuliahan tidaklah cukup ilmu yang didapatkan. Kelas hanyalah tempat untuk memotivasi kita belajar dan ilmu dasar dari mata kuliah. Yah memang jaman mahasiswa, kita dituntut untuk belajar mandiri. Selain itu masih banyak softskill yang mana hanya didapatkan dalam organisasi.
                Apalagi saat ini peran pengalaman organisasi semakin meningkat dengan hampir semua beasiswa mempertimbangkan pengalaman organisasi pelamar. Banyak kemampuan yang diasah dengan berorganisasi seperti kepemimpinan, public speaking, manajemen waktu dan tentu masih banyak keterampilan teknis lainnya. Apalagi semakin banyak pula organisasi kemahasiswaan yang sesuai dengan minat dan bakat, baik itu seni, jurnalistik, olahraga, dan sebagainya. Alangkah ruginya jika kita tak mengikuti satu saja.
                Dengan ini kita juga dapat memperluas jaringan kita. Banyak orang-orang yang mungkin akan kita kenal dari berbagai lintas jurusan. Tentu saja jaringan komunikasi ini dapat sangat membantu untuk saling berbagai info lowongan pekerjaan misalnya. Jadi manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya, jika kamu belum cukup sibuk, maka dunia kuliah tak akan terasa greget.

Ikut kompetisi atau perlombaan
                Persaingan tentu akan semakin memacu diri untuk menjadi yang terbaik. Tapi tetap ingat persaingan yang sehatlah yang membangun, bukan persaingan yang saling menjatuhkan. Iya ikutilah berbagai macam perlombaan yang ada. tak perlu kejar juara, tapi setidaknya membantu untuk mengembangkan skill. Urusan menang kalah hanyalah urusan bonus yang penting usaha dulu. Selalulah aktif mencari info-info kompetesi yang sesuai dengan keahlian mu. Apalagi komunikasi saat ini semakin canggih saja.

Asah  hobi dan bakatmu
                Setiap orang tentu memiliki hobi masing-masing. Asahlah hobi kawan-kawan agar dapat menjadi bakat. Tapi ingatlah pilihlah hobi yang aktif, bukan pasif. Misalanya jika suka dengan dunia sepak bola,maka bukan Cuma menonton saja yang jadikan hobbi, tapi bermain bolalah. Begitupun jika hobi musik, maka jangan cuma mendengar, tapi mainkanlah musik atau bernyanyi.
                Tentu kita semua pernah merasa jenuh dan biasanya refreshing dengan hobi adalah pilihan yang seru tentunya. Kembangkanlah hobimu yang penting tidak mengganggu kuliah. Karena bisa saja nanti dapat menjadi sumber penghasilan. Kata orang “pekerjaan yang paling nikmat yaitu hobi yang dibayar”. Yah siapa tau hobi mu juga bisa menghasilkan uang.

Kerja paruh waktu
Bekerja paruh waktu dapat pula menjadi pilihan untuk menambah pengalaman. Utamanya pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan kuliah kita. Teman-teman dapat memilih pekerjaan paruh waktu dengan mengajar private misalnya. Jadi selain mendapatkan penghasilan, juga dapat menambah ilmu baru. Dan usahakan juga tidak mengganggu tujuan utama teman-teman yaitu kuliah. Cerdas-cerdaslah melihat segala peluang karena persaingan akan semakin ketat. Jika tetap ingin tetap bersaing maka kita harus memiliki kemampuan yang bisa dijual.


Itulah beberapa hal yang dapat menjadi investasimu saat perkuliahan. Bukan cuma materi memang karena skill menjadi sangat penting di masa ini. Kembangkanlah potensi dirimu dan majulah kedepan. Saat lulus ini kita belum tentu akan langsung memperoleh pekerjaan yang sesuai keinginan. Dengan adanya hal-hal tersebut diatas setidaknya dapat mengurangi resiko jadi pengangguran setelah lulus nanti. Semoga bermanfaat