-->

Type something and hit enter

On
Anime yang satu ini merupakan anime genre mistery, school, slice of life dengan sedikit romance.  Kamiyama High School. Walau berkutat di klub sastra, tapi secara keseluruhan jalan cerita tidak terlalu berhubungan dengan sastra. Dia lebih menekankan pada pemecahan misteri dalam kehidupan sehari-hari. Yang mana misteri-misteri yang dipecahkan masih ringan yang artinya sering ditemui dalam kehidupan remaja, bukan yang berkutat pada pembunuhan atau criminal lainnya.

Arti Hyouka sendiri yaitu es krim yang merupakan salah satu klub sastra klasik di

Hyouka menceritakan tentang Oreki Houtaro yang baru masuk di SMA. Karakter Oreki adalah seorang anak yang selalu menghemat tenaganya (hmm bisa dibilang malas), sehingga dia tidak mau berurusan dengan hal-hal yang dianggapnya tidak penting. Dia selalu membuat orang lain melakukan sesuatu untuknya, jika terpaksa melakukannya sendiri, maka Lakukanlah dengan cepat sehingga hemat energy. Walau dia pemalas, tapi sebenarnya memiliki otak yang cerdas. Dan sebagai genre misteri dialah yang membantu memecahkan kasus-kasus yang dihadapi.

Di awal cerita dia disuruh oleh kakaknya untuk masuk ke Club Sastra Klasik (Hyouka) yang mana kakaknya merupakan mantan anggota klub tersebut semasa bersekolah. Walau dengan berat hati, dia menerimanya. Di sini dia bertemu dengan Chitanda Eru seorang gadis yang menjadi anggota Hyouka karena suatu alasan yang belum diketahui. Chitanda bertindak sebagai seorang gadis yang lembut yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Sehingga di selalu meminta bantuan Oreki untuk memecahkannya dengan sedikit memaksa dan gaya imutnya.

Karakter lainnya yaitu Fukube Sathosi yang merupakan teman SMP dari Oreki. Dia bergabung di Hyouka karena Oreki. Orangnya sangat semangat dan memiliki banyak informasi, sehingga disebut sebagai database. Selanjutnya Ibara Mayaka, seorang gadis yang menyukai Fukube sehingga dia pun bergabung dengan Hyouka.

Grafis dari anime ini tergolong sudah sangat halus untuk anime yang diproduksi di tahun 2012. Karakter imut Chitanda dapat memanjakan mata dan juga pemandangan kota Jepang yang realis. Saya juga menyukai lagu pengiring anime ini. Walau terlihat sangat lembut namun sangat sedikit adegan romance dalam anime ini. Karakter yang Oreki yang pemalas disini diuji oleh paksaan dari Chitanda untuk terus bergerak.

Yah ini cocok untuk refreshing dengan anime yang sedikit ringan dan tanpa memutar otak berlebihan walau misteri.