-->

Type something and hit enter

On
Pokemon Go merupakan permainan online untuk HP Android yang booming di kalangan masyarakat di tahun 2016 ini. Boomingnya permainan ini karena mengangkat konsep baru dalam dunia game online. Dimana pemain akan dihadapkan pada dunia virtual game dengan dunia nyata pemain dimana dia berada.  Boomingnya game ini juga bertambah karena kontroversi pro kontra yang timbul di masyarakat akibatnya game ini menjadi cepat terkenal. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencobanya. Jika sebelumnya game perjalanan hanya membuat kita duduk statis di depan laptop maka Pokemon Go ini mengharuskan kita menjelajahi dunia game sekaligus dunia nyata.  Karena sudah ditautkan dengan GPS yang menyesuaikan lingkungan dalam game dengan peta dunia yang sebenarnya.

Secara sederhana Pokemon Go ini mengharuskan kita untuk menjadi pelatih pokemon. Namun sebelumnya kita harus mencari pokemon dan menangkapnya. Layaknya pada serial animenya, setiap orang memiliki lebih dari satu pokemon dan dapat diadu dengan pokemon orang lain. Pokemon sendiri merupakan karakter hewan atau tumbuhan yang memiliki senjata khusus sesuai tipe monster tersebut. Pokemon telah disebar di alam liar, dan pemain harus menangkap dan melatihnya. Jadi kita dapat mengumpulkan sebanyak-banyaknya Pokemon. Biasanya tempat-tempat wisata dan ruang public menjadi tempat yang banyak Pokemonnya. Setelah memiliki Pokemon kita harus terus meningkatkan kekuatan Pokemon kita dan mengadunya dengan Pokemon orang lain di Gym, sebuah tempat khusus untuk mengadu Pokemon yang telah disebar di beberapa tempat.

Review Game Pokemon Go

Pokemon Go menjadi sangat cocok untuk para gamers yang butuh suasana baru dengan berjalan ke lingkungan sekitar. Hal ini tentu membuat pemain menjadi lebih aktif bergerak dalam arti sebenarnya. Kita diharuskan berjalan ke berbagai tempat untuk menemukan Pokemon dan menangkapnya. Bagi yang sangat suka trip tentu hal ini sangat patut dicoba. Saya sendiri suka berkeliling dengan bersepeda sekaligus berolahraga. Selain itu kita menjadi mengunjungi berbagai tempat di dalam kota kita. Saya sendiri tergolong lambat dalam bermain Pokemon karena tidak terlalu serius dan hanya berburu Pokemon sekali seminggu, yah hitung-hitung  cuma teman dalam menjelajah. Selain mengumpulkan Pokemon, kita juga dituntut mengumpulkan Poke’ Ball (bola yang digunakan untuk menangkap Pokemon) yang tersebar di berbagai tempat-tempat umum.


Sebagai game berbasis GPS yang pertama tentu Pokemon Go akan menjadi pelopor game sejenis di masa depan. Namun masih banyak hal yang patut menjadi kekurangan dari permainan ini, maklum tidak ada sesuatu yang sempurna, hehehe.  Pokemonnya tidak tersebar dan hanya tempat-tempat tertentu saja yang banyak pokemonnya. Memang sangat menarik jika pokemon-pokemonnya disebar di tempat wisata.  Namun hal ini tentu membuat kita hanya berada pada tempat yang banyak pokemonnya tanpa bergerak sama sekali. Tapi dengan mengetahui tempat yang banyak pokemonnya membuat para pemburu Pokemon berkumpul di satu titik. Dan tentu kita dapat menemukan teman baru sesama minat. Jika di Makassar sendiri, titik yang banyak Pokemonnya yaitu di Pantai Losari, baru tempat itu yang saya tahu, ehehhe. Padahal  saya berharap mencari Pokemon sambil naik sepeda, terhitung sebagai olahraga lah. Tapi yah lumayanlah untuk menuju ke titik itu, bisa berolahraga.