Organisasi merupakan wadah
sekumpulan orang untuk mencapai suatu tujuan bersama. Sekelompok orang tersebut
bersama-sama bekerja dan menjalankan perannya masing-masing. Ada ketua,
sekretaris, bendahara dan anggota. Ada pemikir dan pekerja, setiap orang
tersebut memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Dalam suatu
organisasi mereka disatukan dalam suatu wadah.
Salah satu syarat agar kegiatan
keorganisasian berjalan dengan baik, yaitu dari baik tidaknya administrasi dan
kesekretariatan organisasi kegiatan tersebut. Walaupun sebenarnya organisasi
dapat berjalan tanpa administrasi dan kesekretariatan, namun untuk organisasi
resmi wajib untuk tertib dalam hal administrasi dan kesekretariatan.
Administrasi dan kesekretariatan
adalah dua hal yang berbeda tetapi memiliki keterikatan yang erat yaitu segala
yang berhubungan dengan rangkaian kegiatan penataan cara-cara penyelenggaraan
organisasi.
Setiap orang / anggota dalam organisasi wajib
mengetahui tentang administrasi / kesekretariatan karena setiap anggota pasti
akan menjalankan kegiatan administrasi dan kesekretariatan. Namun dalam suatu
organisasi harus ditunjuk satu orang yang khusus menjalankan fungsi tersebut
yang disebut sebagai sekretaris.
Dan tempat untuk menjalankan
segala fungsi administrasi dan kesekretariatan disebut sebagai sekretariat. Tanpa
seluruh hal tersebut diatas, suatu organisasi tidak dapat berjalan dengan baik
dan jauh dari ideal.
Referensi : upgrading HIMAFI UNM 14
Maret 2014