-->

Type something and hit enter

On
Organisasi merupakan wadah sekumpulan orang untuk mencapai suatu tujuan bersama. Sekelompok orang tersebut bersama-sama bekerja dan menjalankan perannya masing-masing. Ada ketua, sekretaris, bendahara dan anggota. Ada pemikir dan pekerja, setiap orang tersebut memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Dalam suatu organisasi mereka disatukan dalam suatu wadah.

Salah satu syarat agar kegiatan keorganisasian berjalan dengan baik, yaitu dari baik tidaknya administrasi dan kesekretariatan organisasi kegiatan tersebut. Walaupun sebenarnya organisasi dapat berjalan tanpa administrasi dan kesekretariatan, namun untuk organisasi resmi wajib untuk tertib dalam hal administrasi dan kesekretariatan.

Administrasi dan kesekretariatan adalah dua hal yang berbeda tetapi memiliki keterikatan yang erat yaitu segala yang berhubungan dengan rangkaian kegiatan penataan cara-cara penyelenggaraan organisasi.

Setiap orang / anggota dalam organisasi wajib mengetahui tentang administrasi / kesekretariatan karena setiap anggota pasti akan menjalankan kegiatan administrasi dan kesekretariatan. Namun dalam suatu organisasi harus ditunjuk satu orang yang khusus menjalankan fungsi tersebut yang disebut sebagai sekretaris.


Dan tempat untuk menjalankan segala fungsi administrasi dan kesekretariatan disebut sebagai sekretariat. Tanpa seluruh hal tersebut diatas, suatu organisasi tidak dapat berjalan dengan baik dan jauh dari ideal.

Referensi : upgrading HIMAFI UNM 14 Maret 2014